Jumat, 23 Juli 2010

Cara Kerja Bioluminescence (Binatang Bercahaya)

Binatang yang menggunakan indra penglihatan untuk bernavigasi pada umumnya mengalami kesulitan mendapatkan sekitar tanpa cahaya. Beberapa, seperti burung hantu, mempunyai mata yang sangat besar yang mereka gunakan untuk mengumpulkan banyak cahaya. Mereka juga menggunakan indra lain untuk mengumpulkan informasi tentang lingkungan mereka. Manusia, di sisi lain, telah menempatkan banyak upaya untuk menciptakan portabel, sering kali sumber cahaya buatan, dari obor ke bola lampu dan LED.

Beberapa bentuk kehidupan bioluminescent memiliki pendekatan yang sama sekali berbeda – mereka menghasilkan cahaya mereka sendiri dan membawanya di dalam tubuh mereka. Banyak binatang menggunakan cahaya mereka menghasilkan cara yang sama orang-orang menggunakan senter atau sorot. Tetapi binatang menghasilkan cahaya yang sangat berbeda dari cara bola lampu lakukan. Bola lampu tradisional menciptakan cahaya melalui lampu pijar. Sebuah filamen dalam bola lampu menjadi sangat panas dan memancarkan cahaya.

Proses ini tidak terlalu efisien, karena menghasilkan panas yang cukup untuk menciptakan cahaya limbah sejumlah besar energi. Glowing hewan, di sisi lain, biasanya membuat cahaya melalui pendaran. Dalam aneka satwa yang bercahaya, senyawa kimia campuran bersama-sama untuk menghasilkan cahaya. Ini sangat mirip dengan cara zat-zat di dalam cahaya tongkat menggabungkan untuk membuat cahaya. Luminescence jauh lebih efisien daripada lampu pijar. Ini tidak memerlukan atau menghasilkan banyak panas, jadi kadang-kadang dikenal sebagai cahaya dingin. Ilmuwan memiliki gagasan dasar tentang perbedaan antara lampu pijar dan pendaran sejauh 2.500 tahun yang lalu.

Tahun 1600-an, para peneliti mulai menemukan persis bagaimana binatang membuat cahaya mereka sendiri. Tapi karena binatang yang berbeda menggunakan zat yang berbeda, para ilmuwan masih belum tahu persis bagaimana setiap spesies membuat bioluminescent cahaya. Dalam beberapa kasus, para peneliti belum tahu mengapa binatang membuat cahaya atau bagaimana kontrol yang on-off switch. Bioluminescence juga dapat sulit untuk belajar, karena banyak binatang knalpot luminescent kemampuan mereka ketika ditangkap. Dalam kasus lain, proses menangkap menghancurkan organ penghasil cahaya.

Mengapa Hewan Dapat Membuat Cahaya?
Para ilmuwan tidak tahu mengapa semua bentuk kehidupan
bioluminescent cahaya. Sebagai contoh, beberapa jenis cacing tanah menciptakan luminescent sekresi yang tidak memiliki tujuan yang jelas. Alasan untuk beberapa jamur ‘cahaya juga tidak jelas, walaupun beberapa ilmuwan berteori bahwa menarik serangga yang menyebarkan jamur’ spora. Beberapa hewan menyala ketika binatang terdekat mulai bersinar, dan tidak selalu ada alasan yang jelas perilaku ini.

Ketidakpastian ini ada di laut maupun di darat. Beberapa spesies bersel tunggal yang disebut planktondinoflagellates cahaya ketika terganggu. Pasang, badai, kolam kehidupan laut dan kapal-kapal yang lewat dapat menyebabkan sejumlah besar plankton ini untuk menghasilkan cahaya secara bersamaan.Dinoflagellates bertanggung jawab atas fenomena yang dikenal sebagai susu laut, yang menyebabkan laut bercahaya.

Dalam beberapa kasus, ini begitu terang cahaya itu mengganggu navigasi laut. Alarm pencuri-teori ini adalah penjelasan yang mungkin untuk bagaimana respons terhadap gangguan ini membantu plankton bertahan hidup. Jika ikan kecil mulai memakan plankton, plankton terganggu memancarkan kilatan cahaya. Cahaya menarik ikan yang lebih besar, yang mungkin menjadi pemangsa ikan yang lebih kecil.

Dengan kata lain, cahaya lampu kilat adalah alarm yang memperingatkan dekat hewan besar dari kehadiran binatang-binatang kecil. Namun, sistem ini tampaknya tidak menjadi seperti sangat mudah karena sebagian yang lebih baik dipahami kegunaan bioluminescence. Berikut ini merupakan ikhtisar dari beberapa kegunaan utama bioluminescence di darat dan di laut:

  • Komunikasi: Kunang-kunang flash pada satu sama lain dalam suatu spesies-pola spesifik, sering kali untuk menemukan pasangan.
  • Locating makanan: Dalam senja kedalaman laut, beberapa spesies ikan menggunakan cahaya seperti lampu sorot untuk mencari mangsa.
  • Menarik mangsa: Beberapa spesies, seperti ikan pemancing, gunakan luminescent daya tarik untuk menarik ikan lainnya.
  • Kamuflase: Pada bagian yang lebih gelap lautan, sulit untuk melihat apa pun di bawah Anda, tapi mudah untuk melihat siluet apa yang di atas Anda. Untuk alasan ini, beberapa spesies menghasilkan titik cahaya undersides mereka, yang kabur garis besar mereka dan memungkinkan mereka untuk berbaur dengan cahaya dari atas. Hal ini juga dikenal sebagai kontra-penerangan.
  • Mimikri: Cookie-cutter hiu memiliki satu patch gelap pada bagian bawahnya, yang menyerupai ikan yang lebih kecil bila dilihat dari bawah. Ketika pendekatan pemangsa besar, hiu dapat mengambil gigitan besar dan kemudian melarikan diri. Hal ini memungkinkan cetakan kue hiu memangsa binatang yang jauh lebih besar dan lebih kuat daripada ini adalah:
  • Self-pertahanan: Ketika terancam, beberapa hewan mengeluarkan awan bioluminescent cairan, mirip dengan cara cumi-cumi membela diri dengan awan tinta. Lain menggunakan flash cerah untuk buta predator.

aldiena.qweinhorn.co.cc



Yang dalam cumi-cumi Histioteuthis heteropsis ditutupi dengan photophores, mungkin digunakan untuk masker dengan siluet dari predator dan mangsanya

Spoiler for "Praya dubia"


Siphonophore Praya dubia yang dikatakan menjadi salah satu hewan yang terpanjang di bumi dan dapat meregang selama lebih dari 40 meter. Gambar ini menunjukkan hanya satu dari dua nectophores (berenang lonceng) dan sedikit fragmen dari rantai panjang yang menarik melalui air. Bahkan bagian terpencil ini adalah lebih dari 10 cm. Gulir ke bawah sedikit untuk melihat gambar dari seluruh hewan yang diambil dari sebuah ROV. Ini menunjukkan dua dari panjang nectophores dan sebagian dari tirai menyengat mengikuti di belakang. Seperti Cnidaria lain, makhluk-makhluk ini dapat memberikan sengatan kuat, dan mereka juga memproduksi bioluminescent biru yang indah bercahaya.

Spoiler for "Aequorea victoria"






Anda mungkin tidak pernah mendengar tentang hal itu, tapi Aequorea victoria hydromedusa mungkin yang paling berpengaruh bioluminescent organisme laut. Kalsium photoprotein diaktifkan dan hijau-fluorescent protein (GFP) pertama kali ditemukan dan clone dari cnidarian ini. Gambar ini tidak menunjukkan bioluminescence atau fluoresensi.

Spoiler for "Atolla vanhoeffeni"


Kedalaman laut scyphomedusa Atolla vanhoeffeni sangat banyak di seluruh dunia. Ketika terganggu dapat menghasilkan tampilan yang luar biasa pendaran diabadikan. (Diameter approx. 3 cm)

Spoiler for "Clione"


Pteropods, seperti Clione ini, adalah salah satu dari beberapa jenis invertebrata planktonic yang tidak memiliki anggota bioluminescent.

Spoiler for "Tomopteris"


Tomopteris adalah satu-satunya hewan laut yang membuat pendaran kuning. Ketika diganggu, tumpukan bunga api menyala akan meledak dari parapodia (dayung-seperti struktur). Telur, terlihat di foto ini, juga dilepaskan ke dalam air.

Spoiler for "Deiopea"


Deiopea yang ditemukan dekat permukaan di seluruh dunia. Perhatikan berserabut tipis cabang tentakel yang jejak sepanjang tubuh dari mulut (atas). (Approx panjang 5 cm)

Spoiler for "Bargmannia"


Ini physonect siphonophore Bargmannia dikumpulkan dalam kondisi sangat baik dengan Johnson-Laut-Link kapal selam. Genus ini menarik karena menghasilkan cahaya hijau dan biru, dan dapat juga mengeluarkan partikel seperti bioluminescent berenang. (Nectosome [bagian atas] approx. 9 cm panjang)


Spoiler for "Beroe forskalii"


Beroe forskalii Ctenophora ini menggambarkan salah satu alasan bahwa banyak organisme memiliki pigmen transparan nyali. Ini baru saja tertelan sebuah lobate Ctenophora Leucothea, dan jika lampu dimatikan, nyala bercahaya mangsa akan terlihat oleh makhluk-makhluk yang lewat. Yang Beroe berenang dari kanan ke kiri pada gambar ini, dan mulut adalah di sebelah kiri. (Panjang sekitar 12 cm)

Spoiler for "Bathocyroë"


Bathocyroë adalah salah satu spesies mesopelagic paling banyak, tetapi karena kerapuhan, itu hanya digambarkan pada tahun 1978, ketika itu dikumpulkan dari sebuah kapal selam. Genus ini, seperti siphonophore Bargmannia, dapat menghasilkan pendaran biru dan hijau (panjang sekitar 8 cm)

Spoiler for "Euphausia pacifica"


Euphausia pacifica adalah migrasi vertikal kecil spesies krill. Tidak jelas apakah pendaran, photophores terkonsentrasi di sepanjang bagian bawah tubuh, digunakan untuk counterillumination. (Length approx. 2 cm)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar