Sabtu, 17 Juli 2010

Jemur Island of Riau








Informasi yang dimuat sejumlah web site di Internet menyebutkan bahwa Pulau Jemur yang ada di wilayah Provinsi Riau adalah bagian dari daerah tujuan wisata Negeri Selangor, Malaysia.

Berita itu langsung mendapatkan reaksi keras Pemerintah Provinsi Riau, Senin, yang dengan tegas menyatakan bahwa Pulau Jemur adalah pulau terluar di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, yang berbatasan dengan Malaysia di Selat Malaka.

Informasi mengenai promosi pariwisata yang dimuat oleh traveljournals.net dan osvaja.net menyebutkan bahwa Pulau Jemur sebagai destinasi wisata Negara Bagian Selanggor, Malaysia.

Dalam situs traveljournals.net dicantumkan lokasi dan peta Pulau Jemur yang dikatakan masuk dalam wilayah Selangor, Malaysia. Hanya saja, tidak bisa diketahui informasi mengenai penanggung jawab laman pariwisata tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Pemprov Riau Zulkarnain Kadir di Pekanbaru meluruskan informasi yang menyesatkan di laman Internet tersebut bahwa Pulau Jemur merupakan bagian Indonesia.

Ia mengatakan pulau itu bagian dari Kabupaten Rokan Hilir yang sudah dilengkapi dengan berbagai infrastuktur oleh pemerintah setempat.

"Pemerintah Riau dan Rokan Hilir juga menjadi Pulau Jemur sebagai salah satu ikon wisata di provinsi ini. Jadi gak benar klaim milik Malaysia tersebut," katanya.

Ia menjelaskan, Pulau Jemur berada di gugusan Kepulauan Arwah di perairan Kabupaten Rokan Hilir. Pulau tersebut merupakan pulau terluas yang mencapai 2,5 kilometer persegi.

Menurut dia, kawasan tersebut sudah lama memang dijadikan sebagai salah satu objek wisata andalan di Riau. Karena itu, klaim Pulau Jemur sebagai salah satu daerah tujuan wisata Negeri Jiran merupakan kerugian bagi Indonesia khususnya Riau.




Atas dasar apa malaysia mengclaim pulau jemur ?
Tidak aneh bila pulau jemur menjadi salah satu incaran negeri jiran, pulau yang terletak di selat malaka ini persisnya berada pada kordinat : 2 52'12.06"N - 100 33'30.19"E memang memiliki daya tarik yang sungguh luar biasa. Selain istilah pulau jemur, beberapa kalangan di pesisir sekitar rokan hilir menyebut pulau ini dengan sebutan 'Pak-ku' yang dalam dialek Hokkian berarti penyu dari utara.

Banyak yang dari kita tidak mengenal pulau jemur yang menjadi milik negara kita ini.
Transportasi yang sulit menjadi alasan utama disamping kurangnya pengembangan yang serius dan tepat oleh Pemda setempat.
Selain menyewa kapal nelayan, anda juga bisa menggunakan jasa penyewaan speedboat yg bisa mengisi 60-100 penumpang tergantung besar kecilnya speedboat. Perjalanan dari pelabuhan Bagansiapiapi membutuhkan waktu 2 jam.

Dari kepuluan Aruah tsb terdapat 2 pulau yang agak besar.
Di satu pulau didirikan
pos pemantau Angkatan Laut Indonesia, sementara di pulau lainnya didirikanpos pelabuhan perikanan pemda Rokan Hilir.
Di sisi pantai pada pulau yang dihuni oleh Angkatan Laut tsb, terdapat beberapa bangunan yang menjadi tempat tinggal para prajurit dan juga sebuah taman menghadap ke laut.

Bagi teman-teman muslim, terdapat bangunan mesjid yang cukup bersih dan nyaman yang bisa anda manfaatkan. Selain itu juga terdapat sebuah taman kecil yang berada persis di pinggiran garis pantai. Suasana rileks dan tenang ditambah belum adanya signal operator handphone membuat anda akan melupakan semua kerumitan aktivitas sehari-hari. Luangkan waktu untuk menikmati.

Penyu hijau menjadi sangat unik karena dikabarkan jenis penyu ini hanya terdapat di perairan sekitar pulau jemur. Penangkaran penyu hijau yang pernah dicanangkan oleh Bupati Rokan Hilir sepertinya kurang berjalan baik, tempat penangkaran pada saat kami mengunjungi kurang terawat dan info yang kami dapat tidak ada lagi bayi penyu yang masih hidup. Namun habitat penyu hijau tetap ada di sekitar perairan. Bila anda ingin melihatnya maka anda harus siapkan waktu terbaik yaitu tengah malam.

Hamparan
pasir kuning keemasan membuat pulau ini semakin unik ditambah lagi air yang sangat bening menjadikan pulau ini sangat takjub. Tidak aneh bila pulau jemur ini mendapat julukan Jamrud di Selat melaka.
Sementara di pulau yang 1 lagi, anda akan menemukan pasir putih yg sangat halus dan memanjakan kaki. berbeda dengan pantai di pulau bali, sepanjang garis pantai yang kami tapaki terlihat banyak sekali batu karang, tidak tahu apakah ada sisi pantai lain yang bisa digunakan untuk berselancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar